PAFHIER..??

Garson dan Overman (1991,hal. 28). “Laporan Komite Bantuan Studi Kebijakan, manajemen publik dibagi menjadi tiga domain utama: manajemen kebijakan, pengelolaan sumber daya, dan manajemen program itu kategori yang terus digunakan sebagai kerangka kerja untuk manajemen publik”.
Dari kutipan rangkuman konsep usulan Garson dan Overman pasca-1960, ada tiga pilar utama dari manajemen publik, yaitu manajemen kebijakan, pengelolaan sumber daya atau manajemen sumber daya, dan manajemen program yang menjadi misi dari sebuah organisasi dalam mencapai tujuan atau visi yang diinginkan. Dengan jelas dikatakan oleh Garson dan Overman, bahwa sebuah manajemen pada masa itu sudah terbagi dan terspesialisasi kepada tiga bagian tersebut. Pengaturan dari masing-masing aspek akan mendapatkan perhatian khusus yang berbeda dan saling berkaitan untuk optimalisasi dalam peningkatan pelayanan publik. Manajemen kebijakan yang berhubungan dengan bagaimana pengaturan dalam pengambilan keputusan untuk menjadi sebuah kebijakan yang akan berpengaruh pada bentuk kebijakan dan implementasinya di lapangan. Dan ketika manajemen publik yang bersinggungan langsung dengan publik dan harus melayani publik, maka akan sangat diperlukan sumber daya yang bagus dan sudah tentu bisa menyelesaikan dan melayani sebaik mungkin publik yang menjadi tempat pengabdian. Sedangkan untuk manajemen program yang menjadi alat untuk mencapai tujuan sudah tentu mengalami perjalanan panjang sebelum benar-benar mendapat persetujuan untuk menjadi kendaraan dalam pencapaian tujuan, sehingga perlu tata kelola atau manajemen yang harus menguntungkan semua pihak, jangan hanya menguntuk satu pihak atau pihak tertentu.
Di dalam buku tersebut juga menjelaskan bagaimana “perang ilmu” dan “perang pendapat” dari berbagai pendapat yang disampaikan oleh banyak ahli tentang “ manajemen publik. Dalam rentang tahun 1960-an dan 1970-an, yang menjadi pembahasan adalah apa jawaban dari pertanyaan, “Apa itu manajemen publik?”, sehingga banyak ahli yang mengajukan teori, mulai dari alternatif POSDCORB, hubungan manusia, sistem analisis, administrasi umum, pilihan publik, administrasi publik baru, dan analisis kebijakan. Dari berbagai teori tersebut saling beradu argumen tentang “apa itu manajemen publik?”, sehingga lahir berbagai macam pengertian tentang manajemen publik tersebut.
Dalam perubahan dari POSDCORB menuju PAFHIER, tentunya konsep yang ada diPOSDCORB mengalami perubahan yang lebih relevan dan berkembang sesuai keadaan, serta konteksnya yang banyak digunakan dalam organisasi public yang melayani public. Planning yang terdapat pada POSDCORB memiliki kesamaan dengan analisis kebijakan yang berfungsi sebagai sebuah perubahan dari peran pemerintah dalam pembuatan kebijakan. Dalam pembuatan kebijakan memandang kualitas bukanlah jumlah kebijakan yang dibuat, dalam pembuatannya juga harus memperhatikan berbagai aspek yang akan dipengaruhi dan mempengaruhi kebijakan tersebut.
Kemudian ada manajemen keuangan yang pada dasarnya pembentukan dari budgeting yang telah meluas untuk prosesnya, perjatiannya akan semakin terbuka untuk pengaruh atau faktor keadaan baik dari dalam oerganisasi maupun dari luar organisasi. Kegiatan yang dilakukan mencakup pengaturan keuangan dari organisasi, kemudian optimalisasi penggunaan anggaran yang pada akhirnya penggunaan tersebut dilaporkan. Namun, manajemen keuangan terpusat pada keuangan, sehingga tidaklah terfokus pada proses pelapoporan seperti dimanajemen informasi.
Selanjutnya dari turunan staffing mengalami perluasan makna yang lebih humanis, yaitu human resources management, yang memiliki makna jauh lebih luas dari staffing, dengan memandang pekerja bukan hanya sebagai alat produksi yang bias dimanfaatkan sesuka hati dalam pencapaian tujuan organisasi. Pada perkembangannya manusia adalah asset yang aktif dan harus diperhatikan haknya bukan sekedar dengan memberikan upah.
Manajemen informasi adalah kegiatan pelaporan yang bukan sekedar memberikan laporan dari bawahan kepada atasan, namun ada arti yang lebih luas. Diantaranya yang menjadi cakupan dari manajemen informasi adalah pengambilan seluruh atau informasi sebanyak-banyaknya tentang kemajuan organisasi dan pencapaian tujuan baik dalam bentuk evaluasi atau analisis dampak dari sebuah rencana dan tak melupakan aspek eksternal yang memberikan pengaruh juga dilakukan observasi apa saja pengaruhnya.
Yang terakhir ada hubungan eksternal, sebuah dinamika hubungan yang tercipta dari kesadaran bahwa manusia makhluk sosial, membutuhkan interaksi dengan lingkungan dan ada peran dari luar begitu pula organisasi perjalnannya dalam pencapaian membutuhkan hubungan yang kompleks hingga eksternal organisasi yang mempengaruhi internal organisasi.

DAFTAR PUSTAKA
Sulistiyani, Ambar Teguh, 2011, Materi kuliah disampaikan pada 18 Maret 2011, Tidak diterbitkan, Yogyakarta:Jurusan Administrasi Negara, Fakultas ISIPOL, Universitas Gadjah Mada.
Garson. G. David dan E. Samuel Overman, 1991, “ What is Public Management? The Search for an Organizing Paradigm, dalam Ott, Hyde dan Shafritz (edt.) Public Management. Nelson Hall Inc, Publisher: Chicago, USA.

TUGAS KELOMPOK
MATA KULIAH MANAJEMEN PUBLIK
Dosen : Ambar Teguh Sulistiyani
REVIEW ARTIKEL WHAT IS PUBLIC MANAGEMENT TODAY?—THE SEARCH FOR AN ORGANIZING PARADIGM
Karya G David Garson dan E. Samuel Overman

ANGGOTA KELOMPOK : 1. ARIF RAHMAN HAKIM (10/304398/SP/24317)
2. ARISNA FENDY K. (10/299214/SP/24080)
3. FACHRURIZA (10/301647/SP/24255)
4. NICCOLO ATTAR (06/195980/SP/21712)
5. SYAMSUL MU’ALIM R. (10/305461/SP/24373)

JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA/ MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2011

Silahkan berkomentar, yang sopan ya..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s