Asal Usul Sepeda

Kira kira 200 tahun yang lalu, ada satu orang Jerman bernama Drais yang senang memebuat temuan baru. Kepalanya selalu dipenuhi dengan berbagai macam gagasan. Suatu hari, ketika drais berpergian dengan kereta kuda, Drais melewati sebuah jalan, jalan tersebut telah tertutup untuk kendaraan yang besar karena ada pohon tumbang di jalan. Drais mendapat ide untuk membuat kendaraan kecil dengan dua roda berderet yang dijalankan dengan kaki. Sepeda yang dibuat Drais adalah sepeda pertama di dunia, tapi tidak mendapat sambutan yang baik sehingga tidak popular Sementara itu, saat dibawa ke Negara lain, sepeda Drais dipuji setinggi langit dan dijuluki “hobby horse” ( kuda mainan ) dan “dandy horse” ( kuda gaya ). Saat itu di Inggris, Mac Milan yang bekerja sebagai pandai besi mulai berpikir untuk membuat sepeda yang lebih baik. Tak lama kemudian, Mac Milan telah membuat sepeda yang dapat bergerak tanpa menapakkan kaki ke tanah lagi. Tetepi sepeda ini tidak mendapat sambutan yang baik.

Sepeda Type Draisienne Uermanj 1818

Sepeda Type Mac Millan (Inggris) 1839

Sementara itu, di kota Paris, Prancis, orang orang berusaha memperbagus “hobby horse” itu dengan kreativitasnya masing masing. Di antaranya adalah Michaux dan putranya yang bekerja sebagai pandai besi. Michaux mendapat ide untuk membuat sepeda yang lebih baik. Michaux dan putranya membuat sepeda yang ddijalankan dengan pedal. Sepeda buatan Michaux memperoleh sambutan luar biasa. “dengan pedal, mengendarai sepeda menjadi lebih ringan dan menyenangkan.” Orang orang beramai ramai memakai sepeda Michaux. Sepeda makin popular, sehingga pada tahun 1868 disenggalakan lomba balap sepeda pertama di dunia. Semakin lama, sepeda semakin bagus. Magey dari prancis menemukan bahan sepeda dari kayu, besi dan karet agar sepeda menjadi lebih kuat dn lebih enak dilihat.

Agar sepeda dapat berlari kencang, ia memperbesar roda depannya. Bentuk sepeda juga makin cantik dan dapat berlarilebih kencang. Banyak orang membanggakan kecantikan dan kecepatan sepeda mereka.

Sepeda Type Michaux (Perancis) 1861

Sepeda untuk wanita berbeda dengan sepeda untuk pria. Kaki pengendara tidak perlu mengapit badannya. Perusahaan sepeda banyak bermunculan. Mereka saling berlomba membuat sepeda yang dapat berlari kencang. Roda depan sepeda makin lama makin besar. Sepeda yang semula dibuat supaya lebih mudah di kendarai telah berubah menjadi sepeda yang berbahaya bagi wanita dan orang tua. Saat itu satu orang inggris bernama Lawson mempunyai ide untuk membuat sepeda yang aman bagi pengendaranya.Lawson mendapat ide untuk membuat sepeda yang aman , cepat dan cantik, dan ia memberi nama sepeda tersebut “safety” ( aman ). Ada dua orang Inggris bernama Starley dan Sutton yang memasang roda ukuransama pada sepeda tipe “safety”. Tapi, orang orang yang melihat sepeda itu hanya mencemoh. Mereka memutar otak untuk mencari cara supaya orang orang dapat mengetahui kehebatan sepeda tipe “safety”.

Sepeda Type Safety (Inggris) 1873-4

Sepeda Type Ordinary (Perancis) 1870

Mereka mendapat ide untuk membuat lomba sepeda mulai di garis finish dan selesai di garis start. Pada saat di garis finish yang ada di garis start, sepeda tipe “safety”yang menang.

Setelah melalui proses yang panjang, sepeda akhirnya menjadi kendaraan yang aman untuk dikendarai , berpenampilan cantik dan juga cepat.

sumber : http://kathy-lilia.blogspot.com/2007/05/asal-usul-sepeda.html

Silahkan berkomentar, yang sopan ya..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s